Visi Karya Kita 2023

Belajar, berbagi, berkolaborasi dan berkreasi khusus ke GPAI dan umum semuanya.

experience and creation

Kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas dan kerja Tim, Alhasil target tercapai.

Ability

Belajar, praktik, berbagi dan berkreasi.

PELAJARAN 3 SUB TEMA 2 PAI KELAS 6

 


PELAJARAN 4 INDAHNYA NAMA-NAMA ALLAH SWT

SUBTEMA MAKNA ASMAUL HUSNA


Kegiatan Belajar Mengajar Hari ini :

1. Tujuan Pembelajaran Hari ini, dapat dilihat dalam Peta Konsep diatas. 

2. Video pembelajaran menjelaskan isi materi yg akan disampaikan hari ini.

3. Kegiatan siswa berupa Lembar Kerja dan Tugas Mandiri.


Silahkan kunjungi link di bawah ini untuk pertemuan hari ini :


                  KLIK TOMBOL INI


Mohon di simak videonya dengan baik dan diisi kegiatan siswa serta tugas mandirinya ya.



Cimahi, 02 Oktober 2020



Penulis

8 LAFAZH SHALAWAT YANG DIAJARKAN OLEH RASULULLAH SAW

 


💎🌷 8 LAFAZH SHALAWAT YANG DIAJARKAN OLEH RASULULLAH صلّى الله عليه وسلّم ⭐🍃


👉🏻 Di antara lafazh-lafazh shalawat yang dianjurkan yang dapat kita amalkan adalah sebagai berikut :


1⃣ Dari jalan Ka’ab bin ‘Ujrah


🍃 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ،

كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ،

كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ


[SHAHIH, HR. Bukhari 4/118, 6/27, dan 7/156, Muslim 2/16, Abu Dawud no. 976, 977, 978, At Tirmidzi 1/301-302, An Nasa-i dalam “Sunan” 3/47-58 dan “Amalul Yaum wal Lailah” no 54, Ibnu Majah no. 904, Ahmad 4/243-244, Ibnu Hibban dalam “Shahih” nya no. 900, 1948, 1955, Al Baihaqi dalam “Sunanul Kubra” 2/148 dan yang lainnya]


2⃣ Dari jalan Abu Humaid As Saa’diy


🍃 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ،

كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ،وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.


[SHAHIH, HR. Bukhari 4/118, 7/157, Muslim 2/17, Abu Dawud no. 979, An Nasa-i dalam “Sunan” nya 3/49, Ibnu Majah no. 905, Ahmad dalam “Musnad” nya 5/424, Baihaqi dalam “Sunanul Kubra” 2/150-151, Imam Malik dalam “Al Muwaththo’ 1/179 dan yang lainnya].


3⃣ Dari jalan Abi Mas’ud Al Anshariy


🍃 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ،كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.


[SHAHIH, HR Muslim 2/16, Abu Dawud no. 980, At Tirmidzi 5/37-38, An Nasa-i dalam “Sunan” nya 3/45, Ahmad 4/118, 5/273-274, Ibnu Hibban dalam “Shahih” nya no. 1949, 1956, Baihaqi dalam “Sunanul Kubra” 2/146,dan Imam Malik dalam “AL Muwaththo’ 1/179-180 Tanwirul Hawalik Syarah Muwaththo'”]


4⃣ Dari jalan Abi Mas’ud, ‘Uqbah bin ‘Amr Al Anshariy (jalan kedua)


🍃 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.


[SHAHIH, HR. Abu Dawud no. 981, An Nasa-i dalam “Amalul Yaum wal Lailah” no. 94, Ahmad dalam “Musnad” nya 4/119, Ibnu Hibban dalam “Shahih” nya no. 1950, Baihaqi dalam “Sunan” nya no 2/146-147, Ibnu Khuzaimah dalam “Shahih” nya no711, Daruquthni dalam “Sunan” nya no 1/354-355, Al Hakim dalam “Al Mustadrak” 1/268, dan Ath Thabrany dalam “Mu’jam Al Kabir” 17/251-252]


5⃣ Dari jalan Abi Sa’id Al Khudriy


🍃 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ،

كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ.


[SHAHIH, HR Bukhari 6/27, 7/157, An Nasa-i 3/49, Ibnu Majah no. 903, Baihaqi 2/147, dan Ath Thahawiy dalam “Musykilul Atsaar” 3/73]


6⃣ Dari jalan seorang laki2 shabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam


🔹 Dari seorang lelaki, Sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam


🍃 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَعَلَى أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ،كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَعَلَى أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ،

كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.


[SHAHIH, HR. Ahmad 5/347, Ini adalah lafazhnya, Ath Thowawiy dalam “Musykilul Atsaar” 3/74], dishahihkan oleh Al Albani dalam “Sifaat sahalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam”, hal 178-179


7⃣ Dari jalan Abu Hurairah


🍃 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ،وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ،كَمَا صَلَّيْتَ وبَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.


[SHAHIH, HR Ath Thowawiy dalam “Musykilul Atsaar” 3/75, An Nasa-i dalam “Amalul Yaum wal Lailah” no 47 dari jalan Dawud bin Qais dari Nu’aim bin Abdullah al Mujmir dari Abu Hurairah , Ibnul Qayyim dalam “Jalaa’ul Afhaam Fish Shalati Was Salaami ‘alaa Khairil Anaam (hal 13) berkata, “Isnad Hadist ini shahih atas syarat Syaikhaini (Bukhari dan Muslim), dan dishahihkan oleh Al Albani dalam “Sifaat sahalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam”, hal 181 ]


8⃣ Dari jalan Thalhah bin ‘Ubaidullah


🍃 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ،كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.


[SHAHIH, HR. Ahmad 1/162, An Nasa-i dalam “Sunan: nya 3/48 dan “Amalul Yaum wal Lailah” no 48, Abu Nu’aim dalam “Al Hilyah” 4/373,semuanya dari jalan ‘Utsman bin Mauhab dari Musa bin Thalhah, dari bapaknya (Thalhah bin ‘Ubaidullah)]


👉🏻 Inilah Lafadz shalawat paling utama yang diajarkan oleh Rasulullah tidak bisa dibandingkan dengan shalawat buatan manusia sehebat apapun tokoh tersebut. Hendaknya kita mencukupkan diri dengan shalawat yang telah diajarkan oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam. Janganlah kita mengamalkan shalawat yang sebenarnya tidak ada tuntunan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, apalagi mengandung kesyirikan semacam shalawat nariyah. Butuh pembahasan tersendiri untuk membahas shalawat nariyah ini.


🤲🏻 Semoga kita dimudahkan oleh Allah untuk mengamalkannya. Semoga Allah selalu memberi kita ilmu yang bermanfaat. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat. Wa shollallahu ‘ala nabiyyiina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.


____

✒ Penyusun : Abu Syamil Humaidy ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ 

Co editor : Budi


♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini , semoga bermanfaat.

Jazakumullahu khoiron.


•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•


Sumber 🌐 Telegram : https://t.me/MutiaraFaedah


E-Learning Guru Belajar Kemdikbud RI

 




Assalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh


untuk Sahabat, rekan-rekan guru dan para pembaca budiman.


Kegiatan Guru Belajar Series Kemdikbud RI gelombang II dimulai hari ini. Terdiri dari 3 kegiatan  pokok yaitu :

1. Tahap 1 Bimtek

2. Tahap 2 Diklat

3. Tahap 3 Pengimbasan


Alhamdulillah hari pertama mengikuti Bimtek ini, sangat luar biasa dan menarik. Materi Bimtek tersusun rapi dan sistematis. Penjelasan dan pemaparan secara audio visual. Panduan dan tutorial dalam mengikutinya, lengkap sekali.


Terima kasih kepada KEMDIKBUD yang telah mengadakan Program Guru Belajar Masa Covid 19, sangat bermanfaat dan dibutukan oleh para pendidik khususnya saya, sebagai guru mapel.


Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan pengaruh dan menciptakan guru-guru kreatif baik dalam Kegiatan Belajar Dirumah (BDR) maupun Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


"SALAM LITERASI"


Wassalamu'alaikum warahmatullohi wabaraktuh


Cimahi, 01 OKtober 2020



Penulis




PENILAIAN HARIAN PAI PELAJARAN 3 KELAS 1

 


PELAJARAN 3 IMAN KEPADA ALLAH SWT

SUBTEMA YAKIN ALLAH ITU ADA DAN ALLAH MAHA ESA



Materi Ulangan Harian :

1. Subtema 1 : Yakin Allah itu ada

2. Subtema 2 : Yakin Allah itu Esa


Silahkan kunjungi link di bawah ini :



                  KLIK TOMBOL INI



Mohon dikerjakan dengan baik dan dilaksanakan mandiri oleh siswa.




Cimahi, 01 Oktober 2020



Penulis


PELAJARAN 4 SUB TEMA 2 PAI KELAS 3

 

PELAJARAN 4 HIDUP TENANG DENGAN BERPERILAKU TERPUJI

SUBTEMA TAWADUK



Kegiatan Belajar Mengajar Hari ini :

1. Tujuan Pembelajaran Hari ini, dapat dilihat dalam Peta Konsep diatas. 

2. Video pembelajaran menjelaskan isi materi yg akan disampaikan hari ini.

3. Kegiatan siswa berupa Lembar Kerja dan Tugas Mandiri.





Silahkan kunjungi link di bawah ini untuk pertemuan hari ini :



                  KLIK TOMBOL INI



Mohon di simak videonya dengan baik dan diisi kegiatan siswa serta tugas mandirinya ya.



Cimahi, 01 Oktober 2020



Penulis








PENILAIAN HARIAN PAI PELAJARAN 4 KELAS 2

 


PELAJARAN 4 AKHLAK TERPUJI

SUBTEMA KERJASAMA DAN TOLONG-MENOLONG


Materi Ulangan Harian :

1. Subtema 1 : Kerjasama

2. Subtema 2 : Tolong Menolong


Silahkan kunjungi link di bawah ini :


                  KLIK TOMBOL INI



Mohon dikerjakan dengan baik dan dilaksanakan mandiri oleh siswa.


Cimahi, 30 September 2020



Penulis

Buku Saku Program Kuota Belajar Bagi Siswa, Guru, Mahasiswa dan Dosen


 

Selamat siang sahabat dan Pembaca yang budiman.


Izin share atau membagikan informasi tentang Program Kemdikbud "Paket Kuota Belajar". 


Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) telah ditetapkan Presiden Republik Indonesia sebagai Kedaruratan Kesehatan dan Bencana Nasional Nonalam. Ratusan ribu sekolah dan perguruan tinggi ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19, sekitar 68 juta peserta didik melakukan kegiatan belajar dari rumah, serta sekitar 4 juta pendidik melakukan kegiatan belajar mengajar di luar sekolah.


.
Guna memastikan hak belajar setiap peserta didik terpenuhi, pemerintah menyalurkan bantuan subsidi kuota internet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh kepada peserta didik dan pendidik. Bantuan kuota internet tersebut berupa kuota data internet yang terbagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi; dan kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.


.
Buku saku ini disusun sebagai informasi kepada para pengguna kuota belajar untuk mendapatkan materi yang bermanfaat. Buku saku ini dapat diunduh pada tautan:   KLIK UNDUH DI SINI
.
#MerdekaBelajar
#BelajarDariRumah
#BersamaHadapiCorona
#Perpusdikbud
#SahabatPerpusdikbud
#SeruBelajarKebiasaanBaru
#BantuanKuotaInternat


Sumber : Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

'SALAM LITERASI'

Cimahi, 30 September 2020


Co-Editor


PELAJARAN 4 SUB TEMA 2 PAI KELAS 2

 


PELAJARAN 4 AKHLAK TERPUJI 

SUBTEMA TOLONG MENOLONG


Kegiatan Belajar Mengajar Hari ini :

1. Tujuan Pembelajaran Hari ini, dapat dilihat dalam Peta Konsep diatas. 

2. Video pembelajaran menjelaskan isi materi yg akan disampaikan hari ini.

3. Kegiatan siswa berupa Lembar Kerja dan Tugas Mandiri.



Silahkan kunjungi link di bawah ini untuk pertemuan hari ini :


                  KLIK TOMBOL INI


Mohon di simak videonya dengan baik dan diisi kegiatan siswa serta tugas mandirinya ya.


Cimahi, 30 September 2020


Penulis


Panduan Kurikulum Darurat COVID-19 Buat Guru

 


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum Darurat (dalam Kondisi Khusus) untuk SD

PELAJARAN 3 SUB TEMA 3 PAI KELAS 4

 

PELAJARAN 3 AKU ANAK SALIH

SUBTEMA HORMAT DAN PATUH KEPADA GURU DAN ORANGTUA

Peta Konsep diatas, gambaran atau isi materi yg akan disampaikan hari ini.


Silahkan kunjungi link di bawah ini untuk pertemuan hari ini :


                  KLIK TOMBOL INI



Mohon di simak videonya dengan baik dan diisi kegiatan siswa serta tugas mandirinya ya.